Pada umumnya part yang diperiksa pada Pulsar sama dengan motor keluaran pabrikan Jepang. Beberapa part yang berbeda adalah balancer motor, dan memang membutuhkan tools khusus untuk membukanya.
Berikut ini adalah beberapa perangkat Pulsar yang wajib Anda periksa atau bahkan ganti:
- Rantai keteng
Perangkat ini lama-kelamaan akan kendor sehingga menimbulkan bunyi berisik. Jika sudah memasuki usia tahunan, rantai keteng harus diganti. - Lidah keteng
Karet ini menjadi bantalan rantai keteng motor. Jika kondisi masih tebal dan belum patah, part ini masih dapat dipertahankan. - Piston/seher
Piston biasanya akan menghitam dan akan terdapat bekas kerak sisa-sisa pembakaran. Biasanya akan diamplas dan dicek ring sehernya. - Boring seher
Boring seher akan dilihat sekilas oleh montir. Jika mulus dan tidak baret, boring masih dapat dipakai. Jika banyak baret, kompresi menjadi turun dan tarikan menjadi berat. - Klep
Part ini berupa payung klep pada Pulsar. Yang perlu diwaspadai adalah ketika payung klep sudah menjadi bengkok. Tidak bisa diskir saja, melainkan harus diganti. - Cap chamsaft
Cap merupakan karet pipih berbentuk lingkaran di bagian blok atas mesin. Jika sudah getas karena terkena suhu tinggi, oli akan merembes dari sektor ini. Lakukan penggantian jika part tersedia atau dilem. - Kampas kopling dan rumahnya.
Jika sudah tipis, part ini harus diganti. Motor akan terasa berat jika kanvas kopling sudah habis. Cek juga kedudukan rumah kopling, apakah normal atau oblak. - Koil
Koil merupakan perangkat yang mengatur pengapian pada busi Pulsar. Biasanya akan dicabut cop busi dan dilihat percikan api yang dihasilkan seperti apa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar